• SMA N 3 KOTA TANGERANG SELATAN
  • THE FIRST or THE BEST

PROFIL SMA NEGERI 3 KOTA TANGERANG SELATAN

 

Identifikasi Sekolah

Nama sekolah : SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan

Nomor Statistik Sekolah : 30.130.04.09.004

Alamat Sekolah Jalan : JI. Benda Timur XI Pamulang 2

Kelurahan : Benda Baru

Kecamatan : Pamulang

Kota : Tangerang Selatan

Propinsi : BantenKode Area / No. Telepon : (021) 74633772

Kode Area / No. Fax. : (021) 74637112

Kode Pos : 15416

Website : www.sman3tangsel.sch.id 

Email : info@sman3tangsel.sch.id

Sekolah dibuka tahun : 21 Juli 1991

Kepala Sekolah sekarang : Dra.Hj. Aan Sri Analiah

Visi ,Misi dan Tujuan Sekolah

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu, SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:


Visi “MENJADI SEKOLAH TERUNGGUL BERWAWASAN LINGKUNGAN, BERSAING SECARA GLOBAL, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN RELIGIUS

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berarientasi ke depan dengan memperhatikan potensi yang ada, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.

Misi
Mewujudkan pencapaian delapan standar nasional pendidikan.Mewujudkan sumber daya manusia (sdm) yang unggul , berbudi pekerti luhur dan berwawasan lingkungan.  Meningkatkan mutu pendidikan yang mengintegrasikan sistem nilai agama dan budaya dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.Mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.Menerapkan information and communication technology (ict) dalam proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah.Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan masyarakat dalam rangka pencapaian visi sekolah yang optimal.

Motto“The First or The Best

Strategi
Untuk mewujudkan visi dan misi, Sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan  sebagai  berikut:

  1. Meningkatkan pembinaan keimanan dan ketaqwaanMenciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan karir secara efektif, sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal
  3. Mengembangkan kreativitas dan inovasi Meningkatkan sarana pembelajaran dan pendukung berbasis teknologi
  4. Menumbuhkan semangat kompetisi global secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  5. Menjalin hubungan yang baik antara stakeholder dan masyarakat dengan semangat kekeluargaan

Tujuan Sekolah

Bertolak dari rumusan Visi dan Misi di atas, tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan dan menyelengarakan proses pendidikan yang yang berorientasi pada target pencapaian efektivitas proses pembelajaran berdasarkan konsep MPMBS.
  2. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kuat dalam mengakomodasikan, menggerakan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
  3. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
  4. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan pada keterampilan/skill dan profesionalisme. Menciptakan sistem kebersamaan melalui teamwork yang kompak, cerdas dan dinamis dalam rangka menghasilkan output pendidikan yang tinggi.
  5. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.Mengembangkan dan meningkatkan adanya partisipasi seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan dilandasi sikap tanggung jawab, dan dediaksi.
  6. Menciptakan dan mengembangkan sistem pengelolaan yang transparan (terbuka) dalam pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran dan sebagainya.
  7. Program peningkatan mutu, kualitas prestasi output peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik secara berkelanjutan (sustainabilitas).
  8. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para peserta didik dalam rangka meminimalisir bahkan menghilangkan angka drop out.
  9. Memberi rasa kepuasan bagi seluruh warga sekolah (staf) sesuai dengan tugas dan kewenangannyaMengembangkan sistem seleksi penerimaan peserta didik baru dan melakukan pembinaan pada calon peserta didik.

Berpedoman pada Visi, Misi dan sumber daya yang dimiliki, tujuan SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan pada tahun 2022/2023 adalah :

  1. Tumbuhnya penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa pada seluruh warga sekolah
  2. Mengembangnya sikap dan prilaku religius di lingkungan dalam dan luar sekolahTerlaksananya Proses pembelajaran secara efektif.
  3. Terciptanya suasana belajar yang demokratis, aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  4. Tumbuhnya semangat keunggulan di bidang IMTAQ, IPTEK dan bahasa asing kepada semua warga sekolah.
  5. Tumbuhnya motivasi belajar sepanjang hidup (long life education) bagi warga sekolah.
  6. Tumbuhnya semangat keunggulan dan kompetitif pada seluruh warga sekolah
  7. Tumbuhnya budaya gemar membaca, bekerja keras, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif dan wira usaha
  8. Terciptanya lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih dan nyaman.
  9. Tertanamnya sikap kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan dan hidup demokratis.
  10. Terlaksananya manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah danTerjalinnya hubungan yang harmonis dengan berbagai lembaga pendidikan baik dalam maupun luar negeri.
  11. Proporsi lulusan yang diterima di PTN minimal 60% dari siswa yang mengikuti SNMPTN.Memiliki tim OSN, kelompok KIR, dan tim lomba akademik serta mampu menjadi juara dalam setiap kejuaraan.
  12. Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah dan asri melalui penataan sekolah lahan sempit serta memiliki sistem pengolahan limbah/sampah dengan tekhnik kompos (daur ulang).
  13. Memiliki system penataan sanitasi yang sehat
  14. Memiliki siswa, guru, dan pegawai yang terampil mengoperasikan komputer dan internet, minimal 90%.
  15. Semua warga sekolah mampu menumbuhkan nilai pembangunan budaya dan karakter bangsa.
  16. Output siswa memiliki prestasi akademik baik, karakter positif, bermoral baik, sopan santun, berbudi pekerti luhur.
    Mempunyai ruang kelas yang memadai serta lingkungan belajar yang nyaman.
  17. Memiliki sarana komputer, laptop, LCD, maupun sambungan internet yang memadai.
  18. Memiliki buku saku siswa yang mengatur tentang tata tertib dan disiplin. 

SASARAN 

Adapun Sasaran SMAN 3 Kota tangerang Selatan adalah :

  1. Terwujudnya proporsi lulusan yang diterima di PTN minimal  70% dari siswa yang mengikuti SNMPTN.
  2. Terwujudnya proporsi lulusan yang diterima di PTN minimal  80% dari siswa yang mengikuti SBMPTN
  3. Terwujudnya tim OSN, kelompok KIR, dan tim lomba akademik/non akademik yang mampu menjadi juara dalam ajang lomba juara minimal tingkat kabupaten dan finalis tingkat propinsi
  4. Terwujudnya satu kelompok, KIR yang mampu menjadi juara tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan Nasional.
  5. Terwujudnya satu tim seni tari, satu tim pesantian, team debat bahasa inggris, bahasa Jepang yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten dan provinsi.
  6. Terwujudnya minimal 100% siswa, guru, maupun pegawai yang trampil mengoperasikan komputer dan internet.
  7. Terwujudnya semua warga sekolah mampu menumbuhkan nilai pembangunan budaya dan karakter bangsa.
  8. Terwujudnya ruang kelas yang memadai serta lingkungan belajar yang nyaman.
  9. Terwujudnya sarana komputer, LCD, pembelajaran, sambungan internet yang memadai.
  10. Terwujudnya buku saku yang mengatur tata tertib dan disiplin siswa.
  11. Terwujudnya pembelajaran secara daring yang efektif dan efisien di masa pandemic covid-19

 

Sasaran Mutu dan Strategi Pencapaiannya Sasaran mutu SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut :

SASARAN MUTU

Standar IsiMemiliki minimal 1 kurikulum muatan lokal berlandaskan karakter bangsa Indonesia.Pendidik  menyusun dan memiliki Program kerja selama 2 (dua) semester tahun ajaran 2022/2023 mencapai 100%.

Terlaksananya kegiatan pengembangan diri pada Bimbingan Konseling minimal bimbingan pribadi, sosial, karir dan kesulitan belajar.Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler minima 15 kegiatan.


Standar ProsesPendidik menyusun RPP sebanyak 13 (tiga belas) mata pelajaran yang dijabarkan dari silabus.

Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap kinerja manajemen, pendidik dan tenaga kependidikan minimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester.

Menjuarai 10 besar dari salah satu Olympiade Sains Olahraga dan Seni untuk tingkat Kota , Provinsi dan Nasional.Ketercapaian 95% disiplin peserta didik dalam menjalankan tata tertib sekolah.
Standar Kompetensi LulusanMemiliki KKM tiap mata pelajaran minimal 75.

Tingkat kelulusan peserta didik 100 % dengan nilai rata-rata  ujian sekolah minimal 6.5  pada tahun ajaran 2022/2023.Terlaksananya Kegiatan  SNMPTN, SBMPTN ,UMB dan jalur masuk perguruan tinggi Negri/swasta Faforit.

Diterimanya semua siswa pada perguruan tinggi yang diminatinya di perguruan tinggi negeri dan swasta favorit.
Standar Sarana dan Prasarana

Tersedianya ruangan belajar sebanyak 24 ruang kelas belajar peserta didik dengan minimal 40 set meja kursi peserta didik, 1 set meja kursi tenaga pendidik dan 1 set papan tulis.

Tersedianya ruang tenaga pendidik dengan minimal 55 set meja dan kursi tenaga pendidik.

Tersedianya masing-masing 1 (satu) ruang untuk Wakasek, Koordinator dan Pembina.

Tersedianya masing-masing 1 (satu) ruang sekretariat OSIS, UKS, Seni, ruang radio, laboratorium (bahasa, kimia, fisika, biologi dan komputer).

Tersedianya toilet untuk tenaga pendidik dan peserta didik dengan perbandingan 1:40 (1 toilet untuk 40 peserta didik).

Tersedianya minimal 1 (satu) sarana ibadah (masjid).Tersedianya 1 (satu) kantin untuk peserta didik.

Tersedianya tempat parkir untuk peserta didik.

Tersedianya minimal 1 (satu) lapangan olah raga (basket, volley dan futsal).

Tersedianya 1 (satu) ruang serba guna.Tersedianya 3 (satu) ruang laboratorium multimedia.

Tersedianya 1 (satu) Laboratorium bahasaTersedianya 1 (satu) ruang keamanan.

Terlaksananya peraturan pemerintah dalam standar pengadaan sarana dan prasarana sekolah. 


Standar Pengelolaan

Terselenggaranya rapat manajemen minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) bulan.

Tersedianya program kerja sekolah untuk jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek.

Terselenggaranya kegiatan pengawasan (pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut) minimal 1 (satu) kali dalam 1 (satu) semester. Terdatanya tamatan yang terserap di perguruan tinggi.

Tersusunnya data-data sekolah dengan baik dan mudah diakses.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Tenaga pendidik dan kependidikan yang dapat mengoperasikan program aplikasi komputer 100%.

Jumlah Tenaga Pendidik mampu membuat bahan ajar berbasis ICT sebanyak  100%.
Standar Pembiayaan

Tersusunnya Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) setiap awal tahun pelajaran.

Menyediakan beasiswa bagi peserta didik berprestasi dan peserta didik tidak mampu minimal 20% dari jumlah peserta didik. 

Standar Penilaian

Penilaian peserta didik minimal ditentukan berdasarkan kegiatan terstruktur dan kegiatan tidak terstruktur.

Menjalin kerjasama minimal dengan :

2 Perguruan Tinggi Negeri;

2 Perguruan Tinggi Swasta;

1 lembaga penelitian;

Dinas kesehatan

Kepolisian Polsek/Polres.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN Standar Isi

Mengadakan workshop penyusunan kurikulum pada awal tahun pelajaran.

Mengoptimalkan peran MGMP dalam penyusunan administrasi tenaga pendidik dan peningkatan kompetensi tenaga pendidik.

Menyusun silabus MULOK.Mencatat dan mengevaluasi setiap kegiatan kesiswaan.

Memaksimalkan peran BP/BK untuk pembinaan karir siswa.

Standar Proses

Menyelenggarakan workshop dan seminar awal tahun ajaran dalam rangka menyusun administrasi PBM,  menyusun alat evaluasi dan menganalisis soal.

Melaksanakan program evaluasi dan montoring untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

Memberlakukan Guiden Book secara kontinue dan bekerjasama dengan BP/BK untuk evaluasi dan tindak lanjut.

Mengikuti lomba-lomba dibidang sains, Olahraga dan Seni

Menyelenggarakan program pembinaan Olympiade Sains, Olahraga dan Seni.

Berkoordinasi dengan semua bidang untuk semua kegiatan kesiswaan.

Mengadakan upacara bendera dua kali dalam sebulan, untuk memupuk kedisiplinan jiwa nasionalisme.

Menambah koleksi buku perpustakaan cetak dan digital.

Meningkatkan pelayanan dan fasilitas pada perpustakaan.

Standar Kompetensi Kelulusan

Mengadakan remedial bagi peserta didik dan atau remedial teaching.

Mengkoordinir pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan berbagai jalur.

Mengadakan pembimbingan dan pengarahan karir untuk peserta didik.

Menjalankan peraturan dinas pendidikan perihal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 
Standar Sarana Prasarana

Mengoptimalkan warga sekolah untuk menjaga dan memelihara sarana prasarana sekolah serta terciptanya lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman.

Mengikuti peraturan pemerintah dalam melaksanakan pengadaan dan pembangunan sarana dan prasarana sekolah.

Standar Pengelolaan

Menyusun rencana strategis sekolah.

Melaksanakan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan kurikulum  secara berkesinambungan.

Melakukan koordinasi dengan para Wakasek, Tenaga pendidik, BP/BK, Pembina OSIS, Pembina Ekskul, warga sekolah dan orang tua.

Mengendalikan pelaksanaan perbaikan penemuan ketidaksesuaian dari hasil audit internal secara berkelanjutan.

Melakukan pengelolaan ketatausahaan secara tertib pada semua bidang dengan sistem komputerisasi

Menjalin komunikasi dengan alumni yang diterima di Perguruan Tinggi melalui media elektronik.

Meningkatkan konten Learning Manajemen Sistem sebagai pembelajaran e-learning.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Melaksanakan pengembangan dan peningkatan kualitas Tenaga Pendidik dan  Kependidikan melalui pendidikan dan pelatihan.

Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga Pendidikan Tinggi negeri/swasta
Standar PembiayaanMengadakan rapat dan koordinasi  dalam menyusun RKAS.

Melaksanakan standar pembiayaan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Memberikan beasiswa prestasi dan peserta didik tidak mampu minimal 20% dari peserta didik.

Standar Penilaian Membentuk tim supervisi.

Bekerjasama dengan lembaga BAN dalam evaluasi kinerja sekolah. 
Nilai-Nilai

Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan pengembang sistem nilai yang berakar kepada budaya bangsa, yaitu:

Beriman

 

Halaman Lainnya
Menjadi Sekolah Terunggul Berwawasan Lingkungan, Bersaing Secara Global, Berbudi Pekerti Luhur dan Religius

Mewujudkan pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan Menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berbudi pekerti luhur dan berwawasan lingkungan Meningkatkan mutu pendidikan

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 204 kali